Perkembangan Yang Perlu Ibu Ketahui Disaat Hamil 4 Bulan

Perkembangan Yang Perlu Ibu Ketahui Disaat Hamil 4 Bulan

Menjadi seorang ibu merupakan impian bagi semua wanita, terutama ketika mengalami kehamilan. Segala upaya dilakukan agar janin yang ada dalam kandungan tumbuh dengan sehat. 

Dari mulai awal kehamilan, tubuh mengalami banyak perubahan, karena janin mengalami pertumbuhan yang pesat. 

Disaat hamil 4 bulan, ibu hamil akan merasakan beberapa perubahan, oleh sebab itu penting sekali bagi ibu hamil mengetahui perkembangan-perkembangan yang akan terjadi untuk mempersiapkan tindakan selanjutnya.

Apa Yang Terjadi Pada Diri Anda Disaat Hamil 4 Bulan ?

– Ibu hamil 4 bulan akan mengalami mengidam makanan (menginginkan jenis makanan tertentu). Keinginan untuk menkonsumsi makanan tertentu boleh saja dilakukan asalkan dalam batas jumlah yang normal serta tidak mengabaikan diet sehat untuk ibu hamil. 

– Nyeri di Perut Bagian Bawah 

Kadang-kadang ibu hamil 4 bulan akan mengalami sakit di area perut bagian bawah. Hal ini terjadi karena rahim mengalami pertumbuhan, disaat pertumbuhan ini ligamen yang mendukung rahim tersebut meregang. Rasa nyeri ini dapat diatasi dengan cara merubah posisi berdiri / duduk / tidur.

– Nyeri Ulu Hati

Terkadang disaat ibu hamil 4 bulan akan merasakan nyeri di ulu hati yang disebabkan otot-otot saluran pencernaan lemas karena pengaruh dari hormon kehamilan. Kondisi ini dapat menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan yang berakibat dada tersa panas seperti terbakar.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya disaat makan, kunyahlah makanan dengan perlahan. Ada baiknya menghindari makanan yang terlalu pedas, masam atau berlemak supaya kadar asam lambung tidak meningkat.

– Gigi dan Gusi Lebih Sensitif.

Gusi bengkak dan berdarah akan dialami oleh ibu hamil 4 bulan. Hal ini terjadi karena hormon kehamilan yang membuat gusi anda lebih sensitif dan rentan terhadap radang gusi. 

Untuk mengatasi ketidak nyamanan ini, sebaiknya gunakanlah sikat gigi yang berbulu lembut. Menyikat gigi dapat dilakukan 2 kali sehari dan gunakanlah air garam hangat untuk berkumur.

– Munculnya Varises

Akan terlihat pembuluh darah tipis berwarna kemerahan atau keunguan atau varises ringan yang akan tampak pada permukaan kulit wajah atau kaki disaat hamil 4 bulan. Hal ini terjadi karena adanya perubahan sirkulasi darah yang disebabkan meningkatnya volume darah. Varises ini biasanya akan memudar dengan sendirinya setelah melahirkan.

– Tanda Peregangan Kulit

Disaat hamil 4 bulan akan terjadi peregangan kulit yang berakibat timbulnya garis-garis berwarna kemerahan / coklat / keunguan yang biasanya mucul diarea perut, payudara, pantat atau paha.

Hal ini tidak mungkin dihindari, karena kulit membentang selama kehamilan, dimana kondisi ini dapat berakibat gatal dan iritasi. Kondisi gatal dan iritasi ini dapat diatasi dengan cara menjaga kelembaban kulit. Tanda peregangan kulit akan memudar setelah melahirkan

– Hidung Tersumbat atau Mimisan.

Disaat hamil 4 bulan volume darah akan meningkat disamping itu juga akan terjadi perubahan hormonal yang mengakibatkan selaput lendir yang terdapat didalam hidung membengkak dan berdarah. Sebaiknya konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan obat yang tepat untuk mengatasi hal ini.

– Infeksi Saluran Kemih

Tanda-tanda infeksi saluran kemih salah satunya adalah buang air kecil yang menyakitkan. Ibu hamil 4 bulan sangat rentan terhadap infesi saluran kemih. Hal ini disebabkan karena rahim yang tumbuh menekan kandung kemih sehingga sulit untuk mengosongkan urin pada kandung kemih. Sisa urin yang tertinggal mengandung bakteri yang dapat mengakibatkan infeksi kandung kemih atau penyakit ginjal (untuk kasus yang lebih serius dan tidak tertangani). 

Gejala yang dirasakan pada saat infeksi saluran kemih yaitu selain rasa sakit disaat buang air kecil, kadang kadang ditambah dengan sakit punggung dan demam. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Pertumbuhan Janin Disaat Ibu Hamil 4 Bulan

– Pada saat ini janin yang ada dalam kandungan berukuran kurang lebih 4 sampai 5 inci (sekitar 10 cm – 13 cm) dengan berat sekitar 3 – 4 ons.

Walaupun ukurannya masih terhitung kecil, akan tetapi di masa ini sudah mulai tampak perkembangan pada bentuk wajah. Bentuk wajahnya akan terlihat agak kurus karena belum memiliki lemak. Pembuluh darahnya akan tampak karena janin pada usia ini masih memiliki kulit yang tipis.

– Tulang punggung dan otot-otot kecil yang ada dipunggung  semakin kuat sehingga janin sudah mulai dapat lebih banyak meluruskan kepala dan lehernya.

Disamping itu janin sudah mulai dapat melakukan gerakan-gerakan tertentu, misalnya menggerak-gerakkan tangan, kaki atau mengepalkan tangan.

Disaat hamil 4 bulan, janin yang ada dalam kandungan masih memiliki ruang gerak yang cukup luas sehingga janin bebas bergerak di dalam kandungan.

– Bayi/janin sudah mulai memproduksi estrogen dan testoteron, dan disaat itu pula alat kelaminnya mungkin sudah mulai bisa terlihat jika anda melakukan test ultra sound di bulan ini ataupun bulan berikutnya. Diwaktu hamil 4 bulan ini bayi sudah dapat menelan air ketuban, yang menandakan bahwa ginjalnya sudah mulai dapat berfungsi.

– Tulang kecil yang ada di telinga janin sudah tumbuh, sehingga kemungkinan bayi sudah mulai dapat mendengar suara-suara yang berasal dari luar termasuk suara ibunya. Oleh sebab itu ada baiknya ibu mulai mengajak bicara, membaca, dan bernyanyi untuk si kecil.

Perubahan Kondisi Apa Saja Yang Terjadi Pada Tubuh Anda Disaat Hamil 4 Bulan

– Saat ini umur kehamilan anda memasuki trimester kedua. Tahap ini sering disebut periode “Bulan Madu”, karena calon ibu merasakan peningkatan energi pada tubuhnya. Oleh sebab itu pada waktu hamil 4 bulan ini calon ibu dapat melakukan aktifitas yang lebih banyak mengeluarkan energi.

– Anda akan merasa lebih nyaman, karena rasa mual yang dirasakan di trimester pertama mungkin sudah hilang dan selera makan anda sudah kembali seperti dulu. Anda mungkin juga merasa lebih lega karena resiko keguguran di awal kehamilan telah dilalui sehingga ini adalah waktunya bagi anda untuk lebih rilex serta menikmati masa-masa kehamilan ini.

– Disaat hamil 4 bulan merupakan tahap dimana perut ibu hamil mulai tampak membesar seiring dengan bertambahnya berat bandan serta janinnya yang ada dalam kandungan.

Namun begitu ada pula ibu hamil 4 bulan yang belum terlalu tampak membesar ukuran perutnya sedangkan sebagian ibu hamil yang lain tampak perkembangannya dengan pesat.

Ukuran besarnya perut setiap ibu hamil tidaklah sama, karena itu semua tergantung dari bermacam-macam kondisi, misalnya kehamilan untuk anak pertama, kedua, ketiga atau bahkan ke 4. 

Jadi besar atau kecilnya perut setiap ibu hamil dengan umur kehamilan yang sama tidak akan menjadi masalah. Apabila anda tidak merasa yakin dengan kondisi ukuran besar atupun kecilnya perut anda, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter. 

Artikel yang lain :

3 Macam Resep Pepes Tahu Yang Enak, Murah dan Mudah Dibuat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *