Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan dan Kecantikan Yang Perlu Anda Ketahui

Cuka apel atau biasa dikenal dengan Apple Cider Vinegar sudah dikenal dan dipergunakan sejak berabad-abad yang lalu. Selain untuk memasak, cuka apel juga dipercaya mampu menjaga kesehatan tubuh serta digunakan sebagai ramuan herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu manfaat cuka apel telah diketahui dari sejak lama.

Cuka apel terbuat dari buah apel yang dilumatkan agar menjadi juice / sari buah apel yang kemudian diberi ragi untuk difermentasikan. Pada saat proses fermentasi, kandungan gula yang terdapat pada sari buah apel diubah menjadi asam asetat. Dari proses fermentasi ini menghasilkan cuka yang mengandung vitamin (A, B1, B2, B6, C, E), potasium, kalsium, magnesium, sodium, zinc, iron. 

Dengan demikian banyak sekali manfaat cuka apel yang bisa didapat karena memiliki kandungan yang dapat menyehatkan tubuh dan juga membantu mengatasi beberapa penyakit, seperti : menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan berat badan, mengatasi hearburn, dll

Selain mengatasi beberapa penyakit, manfaat cuka apel untuk kecantikan juga banyak, antara lain mengatasi jerawat, mengatasi bekas jerawat, perawatan rambut, mengatasi ketombe, dll.

Manfaat Cuka Aple Untuk Kesehatan

1. Menurunkan kadar gula dalam darah

Manfaat cuka apel yang cukup populer adalah menurunkan kadar gula dalam darah pada pasien dengan diabetes tipe 2. Asam asetat yang terkandung di dalam cuka apel dapat menghentikan enzim yang membantu mencerna pati  sehingga menghasilkan kadar gula yang lebih rendah ketika anda mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung tepung, mie, pasta, roti, dll.

Sebuah penelitian menyarankan, adanya asupan cuka apel sebelum makan sehingga dapat membantu  mengurangi fluktuasi insulin dan gula darah setelah makan.

Akan tetapi apabila anda memiliki penyakit diabetes, sebaiknya anda tetap menjaga pola makan sehat agar kesehatan anda tetap terjaga. Tidak disarankan untuk berhenti mengkonsumsi obat diabetes dan menggantinya dengan cuka apel.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat cuka apel yang sudah banyak dikenal orang adalah membantu menurunkan berat badan.

Berdasarkan sebuah penelitian, cuka apel dapat meningkatkan perasaan kenyang sehingga membuat anda mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi. 

Dalam penelitian tersebut, para peserta diminta untuk minum 2 sendok makan cuka yang dicampur dengan air minum. Setelah dikonsumsi selama tiga bulan hasilnya berat badan peserta berkurang sebanyak 1-2 kg

Namun begitu pola makan sehat tetap harus dilakukan agar proses untuk menurunkan berat badan mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Membantu Mengatasi Heartburn (rasa nyeri dan panas di dada dan ulu hati)

Manfaat cuka apel yang lain yaitu mengatasi Heartburn.

Heartburn yaitu rasa nyeri dan panas pada bagian dada dan ulu hati yang disebabkan karena kadar asam lambung meningkat.

Cuka apel dapat membantu mengatasi rasa nyeri karena dapat menyeimbangkan PH lambung dengan cara menetralkan asam lambung.

Cuka apel memang asam dan membuat kita semua berasumsi kalau cuka apel ini dapat beresiko memperparah masalah heartburn. Akan tetapi sebetulnya ketika dikonsumsi, cuka apel ini menjadi basa. Selain itu dengan mengkonsumsi cuka apel dapat mempercepat proses pencernaan makanan sehingga mengurangi kembung.

4. Mengatasi Diare

Manfaat cuka apel untuk mengatasi diare.

Didalam cuka apel terkandung Zat Pektin yang dapat melapisi usus yang meradang sehingga cuka apel terbukti dapat menjadi pengobatan alternatif untuk mengatasi diare.

Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa cuka apel memiliki sıfat anti mikroba dan dapat menghancurkan bakteri E coli (Bakteri E coli yang menjadi penyebab keracunan makanan dan bertanggung jawab atas banyak kassus diare)

Namun begitu tidak semua kasus diare dapat diatasi dengan mengkonsumsi cuka 

apel.

5. Mencegah Bau Mulut

Cuka apel mengandung beberapa mineral, seperti : potassium, sodium, magnesium, copper, sulfur dan calcium sehingga salah satu manfaat cuka apel adalah menjaga kesehatan mulut.

Disamping itu manfaat cuka apel untuk pencernaan yaitu dengan cara mengkonsumsinya, sehingga  dapat memperbaiki sistim pencernaan (pencernaan yang bermasalah juga dapat mengakibatkan bau mulut). 

Note :

Cuka apel sangat asam, oleh sebab itu cuka apel tidak boleh diminum secara langsung. Sebaiknya beberapa sendok cuka apel dilarutkan / dicampurkan kedalam segelas air.

Mengkonsumsi cuka apel yang tidak dilarutkan dalam waktu yang lama dapat beresiko merusak enamel gigi (enamel adalah lapisan pelindung gigi).  Sebaiknya segera berkumur dengan air putih setelah mengkonsumsi cuka apel.

Apabila anda sedang mengkonsumsi  obat-obatan dari dokter, sebaik konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan cuka apel.

Manfaat Cuka Apel Untuk Kecantikan

1. Menghilangkan Jerawat

Salah satu manfaat cuka apel adalah mengatasi jerawat karena asam malat yang terkandung dalam cuka apel terbukti dapat berfungsi sebagai anti jamur dan anti bakteri.

Apabila secara teratur cuka apel dipergunakan pada wajah, maka wajah akan terhindar dari kotoran, minyak dan bakteri yang dapat menimbulkan jerawat.

Penggunaan cuka apel untuk mengatasi jerawat yaitu: campurkan cuka apel dengan air matang dengan perbandingan 1: 3 Setelah itu oleskan campuran tersebut ke area kulit wajah yang berjerawat menggunakan kapas, biarkan selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih. Gunakan cara ini 3 kali dalam seminggu hingga jerawat mengering, sehingga manfaat cuka apel dapat dirasakan.

2. Membantu Menghilangkan Bekas Jerawat

Manfaat cuka apel untuk menghilangkan bekas jerawat.

Apabila anda memiliki jerawat yang hilang dan tumbuh terus menerus, maka jerawat tersebut akan dapat meninggalkan bekas, terutama untuk jenis jerawat yang membesar dan meradang.

Dalam hal ini cuka apel juga dapat membantu mengurangi  dan menghilangkan bekas luka jerawat, walaupun penyembuhan ini membutuhkan waktu dan tidak dapat terlihat hasilnya dalam waktu cepat.

Penggunaan cuka apel untuk menghilangkan jerawat yaitu : campurkan cuka apel dengan air matang dengan perbandingan 1:4 Oleskan campuran tersebut ke area bekas jerawat menggunakan kapas. Biarkan selama 5 – 10 menit. Gunakanlah cara ini 3 kali sehari.

3. Membuat Rambut Lebih Sehat

Manfaat cuka apel untuk perawatan rambut cukup banyak, antara lain:

Menjaga kelembaban rambut.

Rambut menjadi lebih halus dan tidak mudah kusut.

Mencegah rambut dari kerontokan.

Dapat mencegah ketombe (yang disebabkan karena jamur).

Rambut menjadi lebih mengkilat dan tampak sehat.

Penggunaan cuka apel untuk kesehatan rambut yaitu campurkan 1 bagian cuka apel dengan 2 bagian air, kemudian basahi rambut dengan campuran tersebut (hindari kulit kepala). Setelah 15 menit bilas rambut dengan air bersih.

Penggunaan cuka apel untuk mengatasi ketombe yaitu, campurkan satu bagian cuka apel dicampur dengan satu bagian air. Masukan kedalam botol semprotan. Setelah keramas, semprotkan ke kulit kepala. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas rambut hingga bersih. Gunakanlah cara ini 2 kali dalam seminggu.

Itulah tadi beberapa manfaat cuka apel untuk kesehatan dan kecantikan.

Anda bisa dapatkan cuka apel dibanyak supermarket. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal ada baiknya anda memilih cuka apel organik, karena tentunya bebas pestisida dan juga lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *